Minggu, 11 Oktober 2009

permainan outbond

banyak permainan outbone sang bisa anda lakukan bersama teman-teman anda, tujuannya adalah motifasi dan semangat serta bekerjasama antara manusia.. berikut adala permainan building team yang bisa anda coba:
batok bersambut


Tujuan dari permainan ini adalah melatih keseimbangan tubuh dan kesegaran otak. Alat yang diperlukan dalam permainan ini adalah bathok kelapa. Sedangkan Prosedur permainan bathok triguna adalah 



  1. Tiap peserta dibekali dengan tiga buah bathok kelapa dengan bentuk ½ lingkaran bola.




  2. Diinstruksikan saat berjalan di arena, peserta wajib menginjakan kaki di atas bathok yang disediakan.
  3. Saat berjalan, kaki peserta tidak boleh menyentuh tanah secara langsung, dan tangan saat mengambil bathok tidak boleh bertumpu pada tanah secara langsung pula.Pemaknaan :
  1. Mampukah peserta menjaga keseimbangannya ?
  2. Siapakah yang paling cepat mencapai garis finish?
  3. Apa yang mereka rasakan saat melakukan gerakan ?
  4. Apa yang menjadi kunci keberhasilannya ?
  5. Dan apa pula yang menjadi penyebab kegagalan ?


1.      Tabung kebersamaan
game ini bisa di buat dalam beberapa kali, tidak sekaligus, ketentuan games sebagai berikut:
a.       Satu kelompok terdiri 6 orang
b.      Kelompok diminta untuk membawa tabung dengan dinding yang berlubang, dan di dalamnya berisi bola pimpong, peserta harus mengisi tabung tersebut dengan air,sehingga bola pimpong bisa naik ke permukaan tabung, agar air tetap penuh dan bola tetap berada di permukaan, peserta di sarankan menutupi lubang2 yang ada di tabung dengan jari dari kelompok tersebut, dan perlu diingat tabung tidak boleh di pegang dengan telapak tangan tetapi dengan jari tangan, kemudian kelompok yang membawa tabung secara bersamaan berjalan ke depan dengan jarak sekitar 10 m, kemudian bola pimpong yang ada di atas permukaan tabung yg berisi air di tiup hingga berpindah ke tabung satunya lagi. Dalam hal ini, tabung yang kosong di pegang oleh salah satu peserta dari keompok tersebut dengan cara tiduran di tanah dan memegang tabung tepat di atas kepalanya.. .. kelompok yang cepat keluar sebagai pemenang.

c.       Tujuan permainan ini adalah di dalam persahabatan dan dunia kerja kita diharapkan bias bekerja secara tim, kekompakan, dan tidak saling mengandalkan, juga tidak saling membagakan diri karna kita tidak pernah bisa sukses tanpa bantuan orang lain.
2.      Bola persahabatan
Pelaksanaan game ini terdiri dari beberapa kelomok yang masing2 kelompok berjumlah max 6 orang. Ketentuan nya sebagai berikut:
a.       Satu kelompok terdiri dari max 6 orang
b.      Kelompok diminta mengambil bola pingpong yang sudah di lumuri minyak sayur dari ada di suatu mangkok ke mangkok yang lain dengan jarak + 10 m dengan menggunakan sumpit,masing2 peserta di beri satu sumpit, apabila peserta berjumlah 6 orang, maka satu kelompok di beri 6 sumpit,peserta harus membawa bola tersebut dengan cara bersamaan, terserah masing2 peserta bagaimana cara membawanya, asalkan tidak boleh di silangkan sumpit tersebut. Apabila di tengah jalan bola tersebut jatuh, maka peserta harus mengambil lagi dengan cara yang sama, kelompok yang tiba duluan dia yg menang.
c.       Tujuannya: melatih kekompakan dan kesabaran.


3.      Panggil aku, kau kau ku tangkap
Pelaksanaan game ini berikut ketentuannya:
a.       Pada game ini peserta akan basah semua satu orang akan berdiri di tepi kolam dengan membelakangi kolam,sebelum itu peserta harus memilih diantara dua sisi logam yang mana yg akan dia pilih lalu koin dilempar ke atas oleh pemandu, apabila koin jatuh pada posisi yg sesuai dengan pilihan peserta maka peserta akan menjatuhkan diri ke dalam kolam lalu akan di tangkap oleh kelompoknya,tetapi apabila salah maka peserta akan tetap menjatuhkan diri ke kolam tetapi tiadak akan di tangkap oleh kelompoknya, melainkan di biarkan jatuh, peserta yang akan menjatuhkan diri tidak akan di beritahu hasil dari pelemparan koin, jadi dia tidak tau apakah dia ditangkap atau di jatuhkan.
b.      Apabila peserta sudah melempar koin, peserta memanggil kelompok yang ada di kolam dengan nama kelompok tersebut, missal: nama kelompok prosesor maka peserta akan memanggil dengan kata”prosesor siap” kemudian kelompok yang ada di kolam akan berkata secara bersamaan”yu mari..”Kelompok yang paling banyak menangkap temannya menjadi pemenangnya,
c.        Permainan ini wajib diikuti oleh semua peserta untuk  melatih kepercayaan kita pada  teman, disini juga melatih kepercayaan diri,berani mengambil resiko dan selalu positif tinking
4.      Tebak cerita
Pelaksanaan game ini agak santai,berikut ketentuannya:
a.     narator akan membacakan cerita dan setiap kelompok harus menebak cerita apa yg dimaksud,kelompok harus berdiskusi supaya mendapatkan jawaban yang sesuai dengan jawaban narrator. Kelompok yang paling banyak menjawap cerita menjadi pemenang, setiap kelompok yang menjawab salah akan di hukum peserta yang menang akan di minta menghiasi wajah masing2 kelompok dengan satu alat make up, seperti lipstick, bedak, dsb, dan setiap peserta dalam satu kelompok harus berbeda2 jenis make up nya . kemudian akan di foto bersama pada akhir seson.
b.     Tujuannya : melatih kekompakan dalam ketenangan daam mengambil keputusan.
5.      Tebak kata
Pelaksanaan game ini pelaksanaannya sebagai berikut:
a.       Setiap kelompok akan menebak potongan kalimat dari sebuah lagu dengan melihat bahasa tubuh dari narrator secara pantomime, lalu kata2 itu di beri secara acak lalu di susun sehingga menjadi suatu kalimat dari lagu yg sedang popular. Yang kalah akan di hukum seperti tebak cerita… yang paling banyak menjawab benar akan menang.


6.      Lingkaran berantai
Pelakasanaa game ini dilaksanakan ketentuannya sebagai berikut:
a.       Setiap kelompok merentangkan tangan dengan menyambung antara tangan teman lainnya, kemudian peserta harus memasukkan tapi yg berbentuk lingkaran ke dalam tangan yang paling ujung, kemudian di oper ke kawan lainnya tanpa harus melepaskan gendengan tangan, jadi anggota tubuk kita yg bergerak memasuki tali tersebut.
b.      Yang menang akan mendapat poin akumulasi, yang kalah akan dihukum
7.      Tabung kebersamaan 2.
Sama halnya tabng kebersamaan 1.
8.      Bola warna
Kelompok harus mengambil bola sesuai yg di intruksikan oleh MC dari kolam, siapa yg banyak dia yg menang

2 komentar:

kasih comment dulu coy..

Template by : kendhin x-template.blogspot.com