Rabu, 14 Oktober 2009

Daya Saing TI Indonesia Peringkat 59


 Jakarta - Indonesia mengalami penurunan peringkat dalam indeks daya saing industri teknologi informasi (TI) yang diumumkan oleh Economist Intelliegent Unit (EIU). 

Setelah tahun lalu bercokol di posisi 58 dalam rangking EIU, pada 2009 posisi itu harus melorot satu peringkat menjadi di rangking ke-59.

Penelitian ini sendiri sudah memasuki tahun ketiga dengan membandingkan perkembangan TI di 66 negara. Ada 19 negara dari 20 negara peringkat atas dalam daftar tahun lalu yang kembali masuk dalam 20 besar.

Lima negara dengan tingkat TI paling kompetitif di Asia Pasifik adalah Australia, Singapura, Jepang, Taiwan dan Korea Selatan.

Sementara posisi Indonesia tidak terlalu memuaskan, karena hanya menempati posisi ke-15 untuk jajaran kawasan Asia Pasifik dan meraih skor 22,8 di hasil riset yang disponsori Business Software Alliance itu. 

Claro Parlede, Software Policy Director BSA Asia Pasifik mengatakan, jika dibandingkan hasil tahun lalu, posisi Indonesia sulit bergerak. Alhasil, rangking yang diraih Indonesia mengalami penurunan.

"Tapi ini selaras dengan hasil yang diraih rata-rata negara di Asia Pasifik yang mengalami tren penurunan," tuturnya, dalam press conference di Hotel The Sultan, Jakarta, Rabu (14/102009).

Adapun posisi puncak ditempai oleh Amerika Serikat. Negara adidaya ini sukses meraih skor 68,7 sekaligus mempertahankan gelar yang sama tahun lalu. ( ash / faw ) 

sumber by: detiknet(14/10/09) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kasih comment dulu coy..

Template by : kendhin x-template.blogspot.com